pembentukan strategi sebagai sebuah proses negosiasi
pembelajaran, terutama dalam tulisan-tulisan dari lindblom Quinn, telah memperkenalkan kekuasaan dan politik ke dalam diskusi ini, berbeda dengan methode pembelajaran lainnya, yang mengabaikan itu, di sini pembelajaran berlabel kekuatan melepas sarung tangan sama sekali, dan ciri pembentukan strategi sebagai sebuah proses pengaruh terbuka, penggunaan kekuasaan dan politik untuk strategi bernegosiasi menguntungkan kepentingan tertentu.
kita menggunakan kata kekuatan di sini untuk menggambarkan pengaruh latihan, di luar ekonomi murni (yang termasuk kekuatan ekonomi yang digunakan di luar konvensional, persaingan pasar). ini membawa dekat ke arah politik, istilah yang kami gunakan lebih luas dalam bab ini, dengan demikian, kita membalikkan posisi dari posisi pembelajaran: jika tujuan dari organisasi komersial untuk bersaing "sah" dalam suatu ekonomi pasar, dari label "politik" dapat digunakan untuk melakukan perilaku yang tidak sah. dengan kata lain, itu adalah tidak sah atau yang sah (yakni, tidak secara tegas sah). politik dengan demikian akan datang identik dengan eksploitasi kekuasaan dalam selain cara-cara ekonomi murni. ini termasuk rahasia yang akan bergerak untuk menumbangkan kompetisi (seperti mendirikan kartel), tetapi bisa juga mencakup perjanjian kerjasama yang dirancang untuk efek yang sama (seperti aliansi tertentu).
ini berarti, seperti disebutkan sebelumnya, bahwa strategi yang generik untuk penentuan posisi dapat dipelajari dengan sedikit persepsi, jadi politik di sini (pada titik apakah perluasan posisi pasar menjadi subversi dari kompetisi?) seperti bijaksana, kita dapat menggunakan konsep sendiri untuk berbicara tentang kelompok strategis politik dan politik strategi generik.kita dapat melakukan ini karena batas antara niat politik dan ekonomi adalah baik dan halus. dengan posisi sangat hati-hati karena pembelajaran itu sendiri terletak di satu sisi. perbedaan merupakan masalah, dengan perbedaan tidak mungkin mendapat keuntungan positif.
kekuasaan mikro
niat orang menulis di sekolah kekuasaan telah membangunkan managemen strategis hingga sebuah basis realitas kehidupan organisasi: organisasi yang terdiri dari individu dengan impian, harapan, iri hati, dan ketakutan. ini mungkin tampak seperti titik yang jelas, tetapi banyak literatur untuk waktu yang lama memberi kesan bahwa manajer senior yang seorang actor strategi rasional yang dianut orang lain, patuh dan setia "buruh masukan" bahwa mereka. berbeda dengan kita, mari pertimbangkan strategi membuat proses politik dan kemudian strategi diri mereka sebagai politik sebelum kita menyimpulkan dengan manfaat positif mikro politik.
strategi sebagai proses membangun sebuah politik
jika strategi dapat membuat proses perencanaan dan analisis, kognisi dan belajar, demikian itu juga dapat menjadi salah satu tawar-menawar dan kompromi di antara individu-individu yang saling bertentangan, kelompok, dan koalisi. memperkenalkan apapun dari ambiguitas-ketidakpastian lingkungan, tujuan saling bersaing, berbagai persepsi, kelangkaan sumber daya-dan politik muncul. Sesuai dengan pendapat ini bahwa tidak mungkin untuk merumuskan, apalagi mengimplementasikan, strategi yang optimal: yang bersaing tujuan-tujuan individu sebuah koalisi memastikan bahwa setiap strategi dimaksudkan akan terganggu dan hancur setiap langkahnya. Oknum tertentu melakukan "permainan politik" dalam organisasi,
zald dan Berger (1978) telah menggambarkan "gerakan sosial di organisasi," tiga pada khususnya. kudeta d ` 'etat adalah perebutan kekuasaan dari dalam, di mana tujuannya adalah untuk menggantikan para pemegang otoritas kekuasaan, sekaligus mempertahankan otoritas sistem utuh.dalam organisasi perusahaan, ini adalah "suksesi tak terduga"!. pemberontakan tidak berupaya untuk menggantikan kepemimpinan tetapi untuk "mengubah beberapa aspek dari fungsi organisasi"-beberapa program atau keputusan kunci, misalnya, dari luar saluran politik konvensional. dan gerakan massa, yang merentang "dari protes untuk memberontak," adalah "upaya-upaya kolektif untuk mengungkapkan keluhan dan ketidakpuasan dan / atau untuk mempromosikan atau menolak perubahan" . ini lebih terlihat dan melibatkan lebih banyak orang daripada dua bentuk lainnya.
bolman telah menangani (1997) dan telah menetapkan proposisi berikut tentang dunia organisasi politik.
1. organisasi koalisi dari berbagai individu dan kelompok-kelompok kepentingan.
2. ada perbedaan abadi di antara anggota koalisi dalam nilai-nilai, keyakinan, informasi, minat, dan persepsi tentang realitas
3. keputusan penting melibatkan alokasi sumber daya langka-siapa mendapat apa.
Sumber daya dan keabadi an
4. perbedaan konflik memberikan peran sentral dalam dinamika organisasi dan membuat kekuatan sumber daya yang paling penting.
5. tujuan dan keputusan yang muncul negosiasi, dan perebutan posisi di antara pemangku kepentingan yang berbeda
permainan politik dalam organisasi
pemberontakan: biasanya dimainkan untuk menentang otoritas, atau lain untuk efek perubahan dalam organisasi biasanya dimainkan oleh "peserta lebih rendah" (mekanik, 1962), mereka merasa mempunyai wewenang formal yang terbesar
kontra permainan yang dimainkan oleh orang-orang di otoritas kekuasaan yang bertarung dengan cara-cara politik, yang mungkin sah juga (seperti pengucilan dalam gereja).
sponsor permainan: dimainkan untuk membangun basis kekuasaan, dalam hal ini dengan menggunakan atasan; individu melekatkan diri kepada seseorang dengan lebih status, profesi sebagai imbalan kesetiaan terhadap pemangku kekuasaan.
membangun aliansi-permainan: bermain di antara rekan-rekan manajer lini, kadang-kadang menegosiasikan kontrak implisit dukungan bagi satu sama lain dalam rangka membangun basis kekuatan untuk memajukan diri dalam organisasi.
membangun kerajaan-permainan: dimainkan oleh manajer lini, secara khusus, untuk membangun basis kekuasaan, tidak kooperatif dengan teman sebaya, tetapi secara pribadi dengan bawahan.
penganggaran permainan; bermain agak terang-terangan dan dengan aturan yang jelas untuk membangun basis kekuasaan; mirip dengan pertandingan terakhir, tapi kurang memecah belah, karena hadiah adalah sumber daya, bukan pada posisi atau unit per seorangan, paling tidak mereka atau saingan mereka.
keahlian permainan: diperlukan keahlian untuk membangun basis kekuasaan, baik dengan memamerkan atau dengan berpura-pura; bermain dengan memanfaatkan keterampilan dan pengetahuan teknis, menekankan keunikan, kritis, dari keahlian, juga dengan pengetahuan untuk menjaga diri; non ahli bermain dengan berusaha memiliki pekerjaan mereka dilihat sebagai ahli, idealnya untuk memilikinya menyatakan profesional sehingga mereka sendiri dapat mengendalikannya.
permainan tuan: dimainkan untuk membangun basis kekuasaan dengan "tuan" kuasa atas mereka yang sah tanpa itu atau dengan kurang dari itu (i, e., menggunakan kekuasaan yang sah dengan cara tidak sah); manajer dapat wewenang formal atas bawahan atau pelayan publik atas seorang warga
staf versus barisan permainan: bermain bukan hanya untuk meningkatkan kekuatan pribadi, tetapi untuk mengalahkan saingan; lubang dengan manajer lini pengambilan keputusan formal otoritas terhadap staf penasihat dengan keahlian khusus; masing-masing pihak cenderung untuk mengeksploitasi kekuasaan yang sah dalam cara tidak sah
kamp saingan permainan: bermain untuk mengalahkan saingan; biasanya terjadi ketika aliansi atau membangun kerajaan hasil pertandingan dalam dua blok kekuatan besar; dapat memecah-belah permainan dari semua; konflik dapat terjadi antara satuan (antara pemasaran dan produksi di perusahaan manufaktur), antara saingan kepribadian, atau antara dua misi yang saling bersaing (seperti dalam penjara terbelah oleh konflik antara beberapa orang yang mendukung hak asuh dan lain-lain yang mendukung rehabilitasi para tahanan)
calon strategis permainan: dimainkan untuk efek perubahan dalam sebuah organisasi, individu-individu dari kelompok-kelompok berusaha mempromosikan melalui cara-cara politik favorit mereka sendiri perubahan alam strategis
membocorkan rahasia permainan: khas permainan yang sederhana, juga dimainkan untuk efek perubahan organisasi; informasi khusus digunakan oleh orang dalam, biasanya para peserta, untuk "meniup peluit" ke luar berpengaruh pada perilaku meragukan atau ilegal oleh organisasi
permainan turk muda: dimainkan untuk saham tertinggi dari semua; sekelompok kecil "Turki muda," dekat tapi tidak di pusat kekuasaan, berusaha untuk berorientasi pada strategi dasar organisasi, menggantikan badan utama dari keahlian, mengganti budaya , Atau membersihkannya dari perasaan kepemimpinan
munculnya strategi politik
baru strategi dimaksudkan bukan hanya panduan untuk bertindak, mereka juga sinyal pergeseran dalam hubungan kekuasaan. yang lebih penting strategi dan lebih terdesentralisasi yang terorganisasi, semakin besar kemungkinan ini harus disertai oleh manuver politik. memang, manuver seperti itu dapat membuat kesulitan organisasi untuk mencapai strategi yang sama sekali apakah disengaja atau mendadak.
strategi yang disengaja berarti realisasi niat kolektif oleh organisasi secara keseluruhan. tetapi bagaimana ini bisa terjadi persepsi diperdebatkan daripada berbagi? Adapun strategi yang bersifat mendadak, bagaimana harus ada konsistensi dalam tindakan ketika bahaya terjadi, tawar-menawar mengambil alih proses pembuatan strategi? berbaris dengan sangat baik menjelaskan hal ini kembali pada tahun 1963, "perhatian pada tujuan yang berurutan”.
organisasi menyelesaikan konflik di antara tujuan, sebagian, dengan menghadiri untuk tujuan dan waktu yang berbeda. sama seperti organisasi politik cenderung menyelesaikan konflik untuk menyeran kaum "kiri" dan "langsung" dengan terlebih dahulu melakukan satu dan kemudian yang lain, perusahaan bisnis untuk menyelesaikan konflik mungkin tekanan untuk "produksi yang halus" dan "memuaskan pelanggan" melakukan satu dan kemudian yang lainnya dengan berurutan
manfaat politik
ruang kecil perlu disediakan untuk efek disfungsional pada organisasi politik, ini memecah belah dan mahal; kebijakan itu membakar energi yang jika tidak bisa masuk ke dalam untuk melayani pelanggan. juga dapat menyebabkan segala macam penyimpangan: ketinggalan zaman, kelangsungan pusat-pusat kekuasaan atau pengenalan yang baru tidak dapat dibenarkan, bahkan sampai kelumpuhan dari sebuah sistem ke titik di mana berfungsi efektif datang berhenti, tujuan dan organisasi , setelah semua, adalah untuk menghasilkan barang dan jasa, bukan untuk menyediakan sebuah arena mana masyarakat dapat memerangi satu sama lain,
karena mereka kurang dihargai secara luas, mereka memanfaatkan kondisi politik untuk melayani peran fungsional dalam organisasi
ada tiga sistem di hampir semua organisasi yang berarti dapat digambarkan sebagai sah, yang berarti bahwa kekuasaan mereka secara resmi mengakui: kewenangan formal, budaya mapan, budaya, dan sertifikasi keahlian.
1. politik sebagai sistem berpengaruh dapat bertindak dengan cara Darwin untuk memastikan bahwa anggota terkuat sebuah organisasi yang dibawa ke dalam posisi-posisi kepemimpinan.
2. politik dapat memastikan bahwa semua sisi dari sebuah isu yang diperdebatkan secara penuh, sedangkan pengaruh sistem lain dapat mempromosikan hanya satu
3. politik dapat memudahkan jalan bagi pelaksanaan perubahan
menggunakan strategi politik untuk mendapatkan apa yang diinginkan
A. mengenali realitas politik dan mengelola mereka
aktivitas dalam organisasi politik, seperti koalisi perilaku, adalah alami dan spontan akibat dari tuntutan yang saling bersaing dari dalam dan luar organisasi pada alokasi sumber daya.
B. pengakuan yang esensial dan komitmen manajemen menengah
manajemen umum tidak mempunyai kuasa penuh. dalam berbagai derajat, tergantung pada manajemen menengah untuk pengetahuan teknis dan keterampilan fungsional
C. belajar menggunakan alat-alat politik klasik
berikut alat manajemen politik, yang digunakan oleh politisi selama berabad-abad, dapat membantu manajemen umum dalam organisasinya sendiri
1. equifinality (batas akhir)
2. satisficing
3. generalisasi
4. fokus pada isu-isu yang lebih tinggi
5. mengantisipasi perilaku koalisi
D. mengatur perilaku koalisi
apa yang realistis pada manajemen umum dapat berharap untuk mencapainya, ketika dihadapkan dengan sebuah koalisi yang diantisipasi saat ini atau bertentangan dengan strategi alternatif yang ditemukannya menarik? memiliki dua pilihan utama
1. untuk mengelola struktur koalisi organisasi, untuk mengurangi pengaruh koalisi oposisi
2. untuk merevisi strategi dan / atau kebijakan terkait sehingga tidak lagi menghadapkan koalisi oposisi
pilihan utama yang tersedia untuk umum manajemen (di bawah pertama) akan dibahas di bawah ini.
1. mengatur urutan isu-isu yang dibahas
2. meningkatkan visibilitas isu-isu tertentu
3. mengurai masalah menjadi serupa sub issue
E. mengambil tindakan langsung terhadap lawan koalisi
1. peternakan koalisi
2. peternakan kounter koalisi setelah koalisi lawan menjadi terlihat
3. mengubah posisi organisasi menentang para pemimpin koalisi
4. mengkooptasi anggota koalisi
5. meningkatkan komunikasi-upaya persuasi dengan anggota koalisi
6. menghapus pemimpin koalisi dari organisasi
kekuasaan makro
kekuasaan mikro adalah tentang individu dan kelompok dalam organisasi. kekuasaan makro kontras mencerminkan saling ketergantungan antara sebuah organisasi, organisasi harus berurusan dengan suplier dan pembeli, serikat pekerja dan pesaing, pemerintah, investor, bankir dan regulator, belum lagi daftar kelompok yang dapat menargetkan salah satu dari kegiatan mereka , strategi dari perspektif kekuasaan makro pertama terdiri dari mengelola tuntutan aktor ini, dan kedua dari selektif memanfaatkan aktor-aktor tersebut untuk keuntungan organisasi
kontrol eksternal oleh organisasi
pengelolaan dan hubungan pertukaran yang beragam kepentingan, sedikit pun terpengaruh oleh tindakan itu, karena meningkatnya saling keterkaitan organisasi, antar organisasi ditengahi efek atau lebih menurut peraturan dan negosiasi politik daripada oleh kekuatan-kekuatan pasar impersonal
sebagai konsekuensi sebuah organisasi memiliki tiga strategi dasar yaitu:
1. organisasi dapat dengan mudah menangani setiap permintaan yang muncul
2. organisasi strategis dapat menahan dan mengungkapkan informasi
3. organisasi dapat bermain satu kelompok terhadap yang lain
analisis stakeholder
analisis stakeholder merupakan upaya untuk menghadapi kekuatan politik melalui pendekatan rasional. dalam arti, mencari solusi untuk merencanakan ke kekacauan politik, freeman (1984) telah menempatkan beberapa ide-ide ini bersama-sama ke dalam sebuah model yang dia sebut "pemegang saham proses perumusan strategi," yang dijelaskan di bawah ini
1. analisis perilaku stakeholder
2. penjelasan perilaku stakeholder
3. analisis koalisi. "analisis akhir langkah dalam membangun program-program strategis bagi para pemangku kepentingan adalah untuk mencari kemungkinan koalisi di antara beberapa stakeholder"
manuver strategis
juga memiliki ide-ide menarik manuver strategis, mirip dengan penjaga pintu tapi mungkin lebih agresif. dia menekankan dua poin: "yang pertama adalah bahwa pengelolaan perusahaan harus membujuk setiap pesaing untuk menghentikan dalam jangka pendek dari upaya maksimal untuk memperoleh pelanggan dan keuntungan. titik kedua adalah bahwa persuasi tergantung pada faktor-faktor emosional dan intuitif daripada analisa atau pengurangan "
menyarankan lima aturan untuk manuver kompetitif yang bijaksana:
1. Anda harus tahu sejelas mungkin apa saja yang telah Anda pertaruhkan dikompetisi dalam kontak dengan Anda, apa itu bukan yang Anda dapatkan atau kalah, tapi apa keuntungan atau kehilangan yang menentukan batas kemampuannya untuk berkompromi dengan Anda
2. kompetisi yang kurang tahu tentang apa taruhannya, semakin sedikit keuntungan yang dia miliki. tanpa titik acuan, ia bahkan tidak tahu apakah Anda sedang tidak masuk akal.
3. penting untuk mengetahui karakter, sikap, motif, dan perilaku kebiasaan pesaing jika Anda ingin memiliki keuntungan negosiasi.
4. lebih sewenang-wenang tuntutan tehadap anda, semakin baik posisi kompetitif relatif yang disediakan Anda tidak menimbulkan reaksi emosional.]
5. semakin sewenang-wenang Anda tampaknya, semakin sewenang-wenang Anda mendapat yang sebenarnya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar